10 Pakan Ikan Cupang Giant Alami Terbaik

5 min read

pakan cupang 2

WikiCupang.com | 10 Pakan Ikan Cupang Terbaik – Ikan cupang akhir-akhir ini sangat digemari oleh banyak kalangan. Mulai dari orang tua hingga anak-anak semangat untuk memilikinya.

Baik untuk ikan hias di akuarium atau untuk dibudidayakan.

Ada banyak sekali variasi ikan cupang yang tersedia saat ini. Salah satunya Giant. Ikan ragam ini digemari sebabkeindahannya dalam hal warna dan juga ekor serta sirip yang mengagumkan.

Meskipun demikian, apabila perawatan yang diberikan tak layak maka estetika yang dimiliki oleh Giant akan hilang dalam tempo yang tidak lama. Warna sirip dan ekor yang memudar, hingga dapat berakibat ikan cupang tewa.

Salah satu perawatan yang perlu diperhitungkan yakni pemilihan pakan ikan cupang yang baik. Ikan dengan makanan yang tepat serta gizi yang cukup dapat mempertahankan keindahan dari ikan cupang jenis Giant ini.

Untuk itu, kali ini kita bagikan sebagian saran makanan ikan cupang Giant yang bagus agar sirip dan ekor kian mempesona.

Sebelumnya kita mengenal dahulu dengan si ikan indah ini. Berikut ini ulasannya.

Mengetahui Ikan Cupang Giant

Berdasarkan informasi uraian dari Wikipedia, ikan cupang merupakan ikan air tawar yang berhabitat dari kawasan perairan Asia Tenggara, contohnya Indonesia, Malaysia, Brunei Darussalam, Singapura, Vietnam, dan Thailand.

Ikan cupang mempunyai wujud dan karakter dengan ciri khas tersendiri. Memiliki bentuk yang dikenal indah dan karakter yang agresif dalam pertahanan wilayahnya.

Bagi penggemar ikan cupang, mereka membaginya menjadi beberapa} kategori. Yaitu Cupang Hias, Aduan, serta cupang Liar.

Selain daripada itu, ikan cupang juga mempunyai daya tahan yang kuat. Dia sanggup bertahan hidup dalam waktu yang lama dengan keadaan yang sedikit volume air dan tanpa sistem sirkulasi udara.

Meski demikian, seandainya dalam perawatan tak dilihat, ikan ini akan kehilangan keindahannya dan malah mati dalam waktu yang {cepat|singkat|tidak lama.

Saran Makanan Ikan Cupang Giant Terbaik

1. Jentik Nyamuk

Jentik nyamuk yakni makanan yang sering diberikan terhadap banyak ikan. Salah satunya ikan cupang Giant.

Selain mudah didapatkan, jentik nyamuk juga dipercaya mempunyai kandungan protein yang baik sehingga baik diberikan untuk pakan ikan cupang.

Untuk mendapatkannya dapat dengan menyimpan air dalam timba, umumnya air cucian beras, kemudian ditaruh di tempat yang gelap dan terbuka. Setelah beberapa waktu akan dilihatkan jentik-jentik nyamuk yang dapat diberi ke ikan cupang Giant.

Sekiranya dirasa malas atau repot, juga dapat membeli jentik nyamuk di sebagian toko ikan terdekat.

2. Cacing Sutra

Cacing yang lembut dan halus ini adalah makanan unggulan yang kerap kali diberi para pembudidaya untuk ikan cupang mereka. Cacing yang sering dinamakan dengan cacing rambut ini memiliki daerah tinggal di tempat-tempat berlumpur yang kotor, seumpama selokan atau jalan pembuangan limbah.

Walaupun hidup di tempat dekil, Cacing ini diketahui mempunyai kandungan yang bagus untuk ikan cupang Giant.

Sehingga sangat membantu dalam merawat keindahan ikan cupang milik Anda.

Seandainya Anda takut kumal, Anda bisa membeli cacing sutra ini di penjual ikan hias dengan bervariasi harga yang masih tergolong ramah di dompet.

3. Cacing Darah

Cacing dengan sebutan lain Bloodworm ini dapat menjadi pilihan pakan ikan cupang Giant Anda. Kenapa menjadi alternatif? Karena Gizi dan nutrisi cacing darah terbilang lebih sedikit daripada pakan cupang lainnya.

Meski demikian, cacing macam ini diandalkan efektif dalam menjadikan warna yang indah pada cupang hias Giant.

Sehingga tak ada salahnya seandainya berkeinginan menggunakan cacing darah sebagai makanan ikan cupang Anda.

4. Microworm

Pernah mengenal microworm? Berasal dari kata micro dan worm. Ya, dijuluki demikian karena cacing ini memiliki size yang sangat kecil.

Sebab bentuk yang kecil inilah menjadikan cacing ini betul-betul pantas untuk makanan bayi ikan (baby fish) Cupang Giant atau burayak.

Info bagusnya, microworm ini bisa dikembangbiakkan sendiri, sehingga dapat membantu mengurangi modal pakan ikan cupang.

Adapun caranya adalah dengan manaruh cacing microworm di sebuah toples lalu berikan pakan berupa roti tawar yang dilembutkan. Selanjutnya tunggu sampai cacing mikro ini mengembang dengan sendirinya.

5. Kutu Air

Kutir menjadi makanan yang tak jarang diigunakan untuk makanan ikan cupang. Karena ukuran kutu air yang kecil, menjadikannya dapat dimakan oleh burayak.

Meski untuk ikan cupang dewasa juga dapat saja.
Kandungan protein dan nutrisi dari kutir cukup bagus dalam perawatan ikan cupang. Selain itu juga cukup bagus dalam membantu memperindah warna ikan cupang Giant.

Sayangnya, kandungan lemak yang rendah pada Kutu Air mewajibkan pembudidaya mengkombinasikan dengan pakan opsi lainnya, seperti kuning telur.

Oleh karena itu, rendahnya kandungan lemak kurang efektif dalam pertumbuhan burayak.

6. Kuning Telor

Kuning telur adalah makanan yang diketahui kaya protein. Bukan hanya bagus untuk perkembangan manusia, kuning telur juga baik bagi ikan cupang. Terutama yang masih bayi.

Untuk metode memberikannya yakni dengan merebus telur terlebih dahulu. Setelahnya ambil bagian kuningnya, letakkan di kantong kain, lalu celupkan kantong tersebut ke dalam kolam atau akuarium.

Walaupun bagus bagi pertumbuhan ikan cupang Giant, memberi makanan kuning telur disarankan untuk tak terlalu sering. Karena sisa makanan dari kuning telor ini bisa mengotori tempat ikan cupang. Sehingga mesti lebih sering membersihkannya.

7.Artemia

Artemia merupakan jenis udang yang berukuran kecil. Daerah hidupnya di laut dan sering dikenal sebagai Brine Shrimp.

Meskipun kecil, tapi kandungan nutrisi dari Artemia lumayan tinggi. Sehingga cocok untuk pakan ikan cupang Giant dalam rangka memperindah warna sirip dan ekor.

Artemia ini sangat pantas dikasihkan untuk ikan cupang Giant yang belum terlalu dewasa. Kenapa demikian? Sebab kandungan protein dalamnya cukup baik untuk pertumbuhan ikan cupang.

Karena hidup di laut, Artemia ini boleh didapatkan di toko pakan ikan hias. Alangkah baiknya cuci terlebih dahulu artemia sebelum memberinya ke ikan cupang Giant kesayangan. Hal ini bermanfaat mengurangi kandungan garam karena air laut yang masih melekat pada artemia.

8. Insuforia

Pakan tipe ini sedang hits dibuat konsumsi ikan cupang pelbagai variasi, termasuk Giant. Selain baik bagi ikan, Insuforia ini juga mudah diperoleh.

Insuforia sendiri ialah hewan invertebrata yang hidup di air. Karena ukuran kecil, membuatnya layak untuk diberikan ke ikan cupang.

Untuk mendapatkannya, bisa dengan memakai sayur sawi atau kol yang sudah membusuk.

Selanjutnya sayur tadi direbus lalu diambil sarinya. Sari yang telah didapatkan dicampur dengan air akuarium. Tambahkan juga sebagian ampas dari sawi atau kol.

Tunggu beberapa waktu nantinya akan ada binatang kecil menggeliat berenang di air tersebut berwarna putih ini yang dinamakan Insuforia.

cepat berikan pakan tadi pada ikan cupang. Mengapa langsung? karena binatang ini cuma mampu bertahan selama seminggu saja.

9. Spirulina

Spirulina merupakan tumbuhan air sejenis alga atau ganggang yang berpigmen hijau kebiru-biruan. Tumbuhan ini dapat meningkatkan kesehatan ikan cupang. Selain itu juga bagus untuk mencerahkan warna pada ikan cupang.

Umumnya, karena ikan cupang Giant adalah tipe karnivora, karenanya tidak memakan spirulina begitu saja. makanya, beberapa produk yang dijual memberikan campuran sebagai pemikat atau adiktif, seperti pelet atau pakan beku lainnya.

10. Udang Rebon

Udang yang juga sering disebut Mysis ini mengandung serat yang lumayan banyak, sehingga benar-benar baik dalam menyehatkan pencernaan Cupang Giant.

Udang rebon dipercaya mempunyai kelebihan diperbandingkan udang air asin lainnya. Hal ini karena tingginya kadar air dan asam amino.

Udang rebon dapat diberi sebagai alternatif makanan lainnya guna melengkapi nutrisi yang dibutuhkan si ikan. Anda bisa memberikan makanan udang rebon ini dalam keadaan segar maupun yang telah kering.

pakan ikan cupang Giant terbaik

Tips Memberikan Makanan Kepada Ikan Cupang Giant

Selain memberi pakan yang pas, cara pemberian makan pada cupang juga semestinya pantas. Sekiranya tidak, maka bisa saja memberikan pengaruh negatif kapada si ikan. Seperti diserang virus, penyakit, malah bisa obesitas.

Beberapa kiat berikut bisa anda aplikasikan saat memberi makan ikan cupang.

1. Menyesuaikan Pakan dan Porsi

Memberikan makanan dengan sela waktu yang sedikit bisa berdampak buruk bagi ikan cupang Giant. Makanan yang berlebihan dapat mengganggu kesehatan dan pencernaan ikan serta merusak kwalitas air.

Perlu diamati bahwa ikan cupang ialah macam ikan yang cukup sensitif.

Bila kualitas air tak sesuai, akan banyak penyakit yang siap menyerang. Selain itu, ukuran perut cupang kurang lebih sebesar mata si ikan itu sendiri. maka amati dengan pasti porsi yang diberi.

Jika memberi makan ikan berupa butiran pelet dapat memberikan 2 hingga 4 butir untuk 1 ikan. Juga dalam sehari dapat memberi makan maksimal 2 kali (tergantung usia dan ukuran ikan).

Sedangkan untuk makanan alami sejenis cacing sutra atau udang, bisa memberinya dengan porsi 2 hingga 3 buah. Untuk waktunya sama maksimal 2 kali sehari.

Pada dasarnya, babyfish Giant bisa diberikan makan 2 kali sehari. Sedangkan untuk ikan yang mulai beranjak dewasa hingga indukan dapat dikasih makan 1 kali dalam sehari.

Anda tak perlu kuatir ikan kelaparan, ikan cupang mempunyai kekuatan yang cukup baik diperbandingkan macam ikan hias lainnya.

Selain daripada itu, pakan macam pelet mampu mengembang sampai dua kali lipat dari ukuran aslinya ketika terkena air.

2. Jadwal Pakan Ikan Cupang Giant

Anda dapat memberikan jadwal makan yang ideal untuk ikan cupang. Selain itu, Anda juga boleh rutin mengganti ragam pakannya agar keperluan nutrisi si Giant terpenuhi.

Hal ini guna menghindarkan si ikan makan secara berlebihan, sekiranya tidak dijadwalkan, ikan akan terus makan sampai-sampai ikan akan mengalami penyakit pencernaan seperti sembelit, kekenyangan, atau malah obesitas yang beresiko kematian.

Berikan juga jadwal berpuasa dalam kurun satu minggu sekali. Hal tersebut bisa menolong menjaga pencernaan. Juga perut bisa mencerna makanan sebelumnya secara total.

Penutup

Jadi, itulah daftar makanan alami untuk ikan cupang Giant yang terbaik. Perawatan ikan hias tak boleh asal-asalan, hal itu karena akan berimbas pada pesona si ikan sendiri.

Dapatkan berita pakan ikan cupang secara komplit di wikicupang.com