Mengenali Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

2 min read

ciri ikan cupang jantan siap kawin

Mengenali Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin – Dalam sebuah budidaya, pemilihan induk jantan dan betina merupakan suatu hal yang penting. Karena pada proses ini, cukup besar menentukan keberhasilan dari perkawinan ikan cupang.

Bagi orang awam, mungkin akan cukup kesulitan dalam menentukan ikan jantan yang sudah siap kawin atau ikan jantan yang belum siap kawin. Karena keduanya nyaris tidak ada perbedaan secara fisik.

Untuk itu kali ini kami bagikan ciri-ciri ikan cupang jantan yang siap memijah. Sehingga dalam proses pemijahan nanti memiliki persentase keberhasilan yang lebih besar.

Berikut Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Ciri-Ciri Ikan Cupang Jantan Siap Kawin

Sebelum mengetahui ciri-ciri pejantan yang siap memijah, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan pemijahan?

Pemijahan adalah proses pengeluaran sel telur dari induk betina dan sel sperma induk jantan. Yang biasanya akan dilakukan perkawinan antara kedua indukan. Proses ini merupakan bagian dari siklus reproduksi yang menentukan keberlangsungan atau keberlanjutan suatu spesies.

Ikan cupang sendiri dalam melakukan pemijahan dapat menghasilkan hingga 1000 butir telur dalam sekali perkawinan. Dimana telur-telur ini akan menetas dan menjadi baby fish dalam waktu sekitar 24 jam sejak pertama kali dibuahi.

Mengapa mengetahui ciri ikan yang siap kawin ini sangat penting. Karena ikan yang benar-benar siap kawin memiliki peluang menghasilkan telur yang lebih banyak dari yang belum siap kawin. Bahkan yang belum siap kawin bisa saja tidak bertelur.

Lalu apa saja ciri ikan cupang yang siap memijah ini? Setidaknya ada 4 (empat) ciri-ciri ikan cupang siap untuk dikembangbiakkan. Diantaranya adalah sebagai berikut :

Berusia di Atas 4 Bulan

Ikan cupang jantan umumnya siap berkembang biak di umur kisaran 4 hingga 8 bulan. Walaupun ada beberapa yang sudah siap bertempur diumur 3 bulan, namun disarankan ambil pejantan umur 4 bulanan.

Pada usia ini, ikan cupang jantan sudah memiliki keinginan untuk kawin dengan lawan jenisnya. Sel sperma yang dimiliki juga sudah siap membuahi sel telur si betina.

Terdapat Buih di Permukaan Air

Ciri-ciri selanjutnya yang bisa dijadikan pertanda bahwa ikan cupang jantan siap untuk melakukan perkawinan adalah terdapat buih-buih di permukaan air.

Ciri Cupang Induk Pejantan Siap Memijah

Buih ini merupakan sarang yang dibuat oleh pejantan untuk meletakkan telur. Karena di alam aslinya, ikan ini hidup di rawa atau sungai, sehingga buih-buih yang dibuat biasanya dilekatkan ke tumbuhan di tepian sungai. Sehingga telur tidak hanyut terbawa arus.

Jika pejantan sudah mulai membuat sarang, ini bertanda bahwa ia sudah siap untuk dinikahkan dengan lawan jenisnya.

Gerak Lebih Agresif

Pejantan yang siap memijah biasanya akan lebih agresif. Pergerakan si jantan ini menunjukan sikap waspada dan siap menjaga calon telurnya . Selain itu gerakan agresif biasa digunakan juga untuk menarik perhatian lawan jenisnya.

Ini juga berarti si jantan memiliki mental yang berani. Mental yang bagus begini lebih cepat dalam melakukan perkawinan.

Bentuk Tubuh Memanjang

Jika dilihat dari fisik, ukuran tubuh induk jantan yang siap kawin memiliki ukuran panjang antara 3 hingga 5 cm. Dalam ukuran ini, induk jantan bisa lebih maksimal dalam melakukan proses pemijahan.

Jika pejantan sudah dimiliki, maka dalam pemilihan induk betina juga perlu diperhatikan. Pastika ukuran tubuh si betina tidak lebih besar dari si pejantan.

Warna Sirip Lebih Terang dan Ekor Lebih Panjang

Ciri fisik lainnya yang bisa dijadikan tanda bahwa ikan cupang jantan siap memijah adalah adanya perubahan pada pigmentasi siripnya. Pigment pada cupang yang siap kawin lebih terang dibandingkan sebelumnya.

Juga ukuran ekor yang lebih panjang bisa dijadikan tanda bahwa si jantan siap untuk melakukan pembuahan.

Dengan mengetahui ciri-ciri pejantan yang siap memijah, diharapkan para pelaku budidaya cupang bisa menentukan dan memilih calon indukan yang berkualitas. Sehingga bisa menghasilkan banyak ikan cupang generasi selanjutnya.

Dapatkan informasi seputar budidaya ikan cupang di wikicupang.com