Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina Umur 2 Bulan

2 min read

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina Umur 2 Bulan – Memelihara ikan cupang baru-baru ini memang menjadi hobby banyak orang. Terutama jika ikan cupang yang dimilikinya memiliki keunikan tersendiri seperti warna yang bagus dan corak yang unik. Fase kehidupan ikan cupang dari semula berupa burayak hingga siap untuk dikawinkan memang berbeda-beda. Pastikan Anda sudah mengetahui bagaimana cara membedakan ikan cupang jantan dan betina.

Harga ikan cupang yang terawat dan unik tentu bisa mencapai jutaan. Saat ini ikan cupang Kachen Worachai menjadi yang termahal di dunia karena harganya 20 juta rupiah. Daya tarik utama dari ikan cupang Kachen Worachai ini adalah warna yang menyerupai bendera Thailand. (sumber : KataData)

Cara Membedakan Ikan Cupang Jantan dan Betina yang Berumur 2 Bulan

Meski terdengar mudah, tetapi membedakan jenis ikan cupang harus teliti. Terutama jika Anda ingin melakukan pemijahan dari keduanya. Berikut beberapa ciri untuk mengetahui manakah jenis ikan cupang jantan dan betina.

Cara membedakan ikan cupang umur 2 bulan

1. Dari Segi Warna

Dari segi warna, ikan cupang jantan akan berwarna lebih cerah jika dibandingkan jenis ikan cupang betina. Warna dari betina sedikit lebih pucat atau memudar terutama di bagian tubuhnya. Jika Anda menemukan ikan cupang berwarna gelap atau solid, maka jenisnya adalah jantan.

2. Garis Vertikal

Ada garis vertikal pada ikan cupang betina. Corak vertikal ini tidak bisa ditemui pada ikan cupang jantan. Selain itu, corak vertikal juga menunjukkan bahwa ikan cupang betina ini siap kawin. Terutama pada usia 3 hingga 4 bulan.

3. Bintik Telur

Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina paling mudah sebenarnya dari bintik telur. Sebab, bintik telur hanya dimiliki ikan cupang betina. Biasanya akan terlihat pada sirip perut dan sekitar dubur ikan atau yang disebut dengan ovipositor, tempat dimana telur keluar setelah dibuahi oleh ikan cupang jantan. Namun untuk mendeteksinya, Anda baru bisa melihat bintik telur ini pada usia 3 bulan ke atas.

4. Sirip

Dari sirip ikan cupang juga bisa Anda amati. Sirip dari ikan cupang jantan lebih panjang bahkan bisa sampai 3 kali lebih panjang dari betina. Untuk sebagian varietas, cupang betina memiliki sirip ekor yang lebih pendek sementara cupang jantan lebih panjang. Tidak hanya itu, sirip perut jantan juga lebih panjang dan tebal.

5. Agresivitas

Agresivitas cupang jantan tentu lebih besar jika dibandingkan dengan betina. Ikan cupang jantan cenderung akan menyerang apabila bertemu dengan satu jenis kelamin dalam satu wadah. Cupang betina memang memiliki agresivitas tetapi cenderung rendah atau pasif. Jika Anda ingin menempatkan cupang betina dalam satu wadah sebaiknya siapkan juga tempat sembunyi untuk dua jenis ikan ini. Cara membedakan ikan cupang jantan dan betina cukup mudah jika melihat agresivitasnya.

6. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh cupang betina secara umum akan lebih pendek dibandingkan cupang jantan yang panjang. Bagian sisi tubuhnya juga lebih memanjang dari ujung mulut hingga ekor. Anda bisa mengamati bentuk tubuh ini sebagai cara membedakan ikan cupang jantan dan betina umur 2 bulan.

7. Jenggot

Di bawah penutup plat insang cupang terdapat membran opercular. Membran ini bentuknya seperti jenggot dan akan muncul saat ikan mengembangkan insangnya. Cupang jantan akan memiliki jenggot yang lebih besar jika dibandingkan dengan cupang betina. 

8. Gelembung

Tidak hanya dari bintik telur sebagai cara membedakan ikan cupang jantan dan betina. Tetapi juga dari adanya gelembung ikan cupang jantan membuat gelembung sebelum kawin dengan cupang betina. Fungsi dari gelembung ini adalah sebagai tempat perlindungan telur yang telah dikeluarkan oleh cupang betina.

Perawatan Ikan Cupang Jantan dan Betina Umur 2 Bulan

Ikan cupang jantan dan betina yang masih berusia 2 bulan tentu memiliki langkah yang berbeda untuk merawatnya. Jika burayak sudah berjumlah lebih dari 400 ekor maka sebaiknya dibagi menjadi 2 wadah. Tujuannya adalah memberi tempat yang lebih luas agar burayak leluasa dan tumbuh lebih maksimal.

Setelah mengetahui ikan cupang jantan dan betina umur 2 bulan, Anda bisa melakukan perawatan yang benar. Jika burayak 2 bulan ini memiliki ekor panjang maka sebaiknya masukkan ke dalam botol, usahakan satu botol satu ikan. Pemeliharaan burayak di botol sangat disarankan terutama untuk jenis ikan cupang hias. 

Jika perawatan dilakukan di dalam kolam maka mereka lebih sering bergesekan atau adu agresivitas dan menjadikan sirip serta ekornya mudah sobek. Ekor sobek sangat mempengaruhi keindahan ikan cupang nantinya.

Selain itu, lakukan pembersihan di bagian dasar kolam agar merangsang ikan cupang untuk cepat bermutasi karena air baru yang Anda ganti. Beri pakan yang bernutrisi seperti cacing sutra, kutu air dan jentik. Beberapa orang juga menambahkan daun ketapang kering atau ekstrak daun ketapang untuk merawat ikan cupang berusia dua bulan.

Membedakan cupang jantan dan betina sangat penting disaat Anda ingin melakukan pemijahan. Dan cara membedakan ikan cupang jantan dan betina paling mudah adalah dengan mengamati cirinya. Utamanya jika Anda seringkali memelihara ikan cupang maka ciri fisik bahkan perilaku ikan cupang ini mudah untuk dibedakan. Meski jenis ikan cupang ini cukup banyak tetapi ciri fisik manakah cupang jantan dan betina tidak akan jauh berbeda.